'bannerkanan' id='bannerkanan'/>

OS Tizen Jadi Suksesor MeeGo

detail berita
Ilustrasi Tizen Siap Gantikan MeeGo (sumber : Google)
CALIFORNIA - MeeGo diklaim sebagai sistem operasi yang gagal. Hal ini dinyatakan setelah peluncuran Nokia N9 mangalami kegagalan. Bahkan Linux Foundation merasa MeeGo sudah mati.

"Pernyataan itu memang benar bahwa MeeGo memang sudah mati. Semuanya akan digantikan oleh Tizen," tulis Jim Zemlin, Direktur Eksekutif Linux Foundation pada blog pribadinya.

Zemlin mengumumkan kode untuk MeeGo sedang diubah menjadi platform baru berbasis Linux, yakni Tizen. Rencananya Tizen akan berjalan pada semua platform mulai dari smartphone, tablet, netbook, TV dan sistem hiburan di dalam mobil.

"Dengan menggunakan kode MeeGo Core, secara prinsip pengoprasian, yakni open source yang ada pada Tizen memang mirip dengan MeeGo. Tidak banyak yang bisa dirubah," jelasnya, seperti dikutip Electricpig, Kamis (29/9/2011).

Hampir semua orang setuju setelah Nokia mengeluarkan Windows Phone menjadi awal matinya MeeGo dan meninggalkan kekecewaan bagi para penggemar dan pengembang MeeGo di luar sana.

Sementara tidak ada konfirmasi resmi dari Nokia terkait masalah pada peluncuran N9. Hal ini jelas merusak hubungan baik antara Nokia dengan Microsoft.

Sementara itu, di sisi lain Tizen memang sebuah nama baru yang pada akhirnya muncul untuk menggantikan MeeGo. Apalagi secara khusus Linux Foundation secara fokus mengawasi perkembangan Tizen dengan mengadakan kerjasama dengan pengembang dari Intel dan Samsung.

LiMo Foundation sebuah jaringan kerjasama termasuk Vodafone dan produsen lain seperti Panasonic dan Samsung juga turut serta mendukung Tizen. Harapannya Tizen bisa menjadi sistem operasi yang mampu bersaing dengan yang lainnya, seperti Android, iOS dan BlackBerry. (tyo)

0 comments:

Post a Comment